BUNGA KENGA BISA JADI OBAT MALARIA

Bunga kenanga dan Obat Titan Gel juga bisa mengobati penyakit bronkhitis dan malaria. Untuk mengobati bronkhitis, sediakan 2 kuntum bunga kenanga, lalu direbus dengan satu gelas air panas sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya diminum secara rutin setiap pagi dan sore.
Untuk mengobati malaria, ambil 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.
Bunga dengan aromanya yang harum dan berwarna hijau kekuningan ini bersama melati dan kantil adalah bunga kesayangan anggota keluarga keraton dikerajaan pulau jawa, pada keluarrga bangsawan bunga tersebut digunakan untuk bahan “ngadi salira” (perwatan tubuh). Bagi Penggunaan wewangian dengan aroma kenanga menunjukan kelembutan tersendiri bagi pemakainya, DR. Martha Tilaar mengatakan dalam karanganya yang berjudul “Kecantikan Perempuan Timur”, Ibu Fatmawati (istri presiden RI pertama Ir. Soekarno) biasa memakai bunga kenanga yang dicampur dengan daun pandan dan daun mangkokan yang direbus dengan minyak kelapa sebagai bahan untuk menghitamkan dan menyuburkan rambutnya. Selain itu Bunga kenanga juga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuat obat tradisional, yang dapat mengatasi batuk akibat bronkhitis, obat sesak nafas, dan malaria. Selain itu, bunga ini juga dapat dijadikan bahan untuk pembuatan jamu-jamuan untuk ibu yang baru saja melahirkan.

Komentar